Contoh CV

Curriculum Vitae dan Contoh CV – Tips Menulis CV untuk Lamaran Kerja.

contoh cv bahasa inggris Video

 

Sampel Riwayat Hidup dan Tips Menulis dengan Contoh CV.

Ketika melamar posisi tertentu di AS, serta pekerjaan internasional, Anda mungkin diminta untuk menyerahkan riwayat hidup daripada resume. Daftar riwayat hidup, atau CV, mencakup lebih banyak informasi daripada resume Anda yang biasa, termasuk perincian pendidikan dan prestasi akademik Anda, penelitian, publikasi, penghargaan, afiliasi, dan banyak lagi.

Di sini Anda dapat meninjau sampel curriculum vitae, mempelajari tentang perbedaan antara CV dan resume, dan mengumpulkan tips dan saran tentang cara menulis CV.

Apa yang Termasuk dalam Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup, yang biasa disebut sebagai “CV,” adalah lebih panjang (dua halaman atau lebih), sinopsis yang lebih rinci daripada resume. CV Anda harus jelas, singkat, lengkap, dan terkini dengan informasi pekerjaan dan pendidikan terkini.

Berikut ini adalah contoh informasi yang dapat dimasukkan dalam riwayat hidup Anda. Elemen-elemen yang Anda masukkan akan tergantung pada apa yang Anda lamar, jadi pastikan untuk memasukkan informasi yang paling relevan untuk mendukung pencalonan Anda di CV Anda.

  • Detail pribadi dan informasi kontak. Sebagian besar CV dimulai dengan informasi kontak dan data pribadi tetapi berhati-hati untuk menghindari detail berlebihan, seperti afiliasi agama, nama anak-anak, dan sebagainya.
  • Pendidikan dan kualifikasi. Pastikan untuk memasukkan nama institusi dan tanggal yang dihadiri dalam urutan terbalik: Ph.D., Master, Sarjana.
  • Pengalaman kerja / riwayat pekerjaan. Catatan riwayat pekerjaan yang paling banyak diterima adalah riwayat hidup kronologis. Riwayat karir Anda disajikan dalam urutan tanggal terbalik dimulai dengan janji temu terbaru. Penekanan / informasi lebih lanjut harus diberikan pada pekerjaan Anda yang terbaru.
  • Termasuk keterampilan komputer, keterampilan bahasa asing, dan pelatihan terkini lainnya yang relevan dengan peran yang diterapkan.
  • Pelatihan / Lulusan Kerja Lapangan / Studi di Luar Negeri
  • Disertasi / Tesis
  • Pengalaman penelitian
  • Pengalaman mengajar
  • Publikasi
  • Presentasi, ceramah, dan pameran
  • Hibah, beasiswa, beasiswa, dan asisten
  • Penghargaan dan kehormatan
  • Keterampilan teknis, komputer, dan bahasa
  • Lisensi profesional, sertifikasi, dan keanggotaan

Apa yang Tidak Dimasukkan

Tidak perlu menyertakan foto Anda, riwayat gaji Anda, alasan Anda meninggalkan posisi sebelumnya, atau referensi dalam CV yang diserahkan untuk pekerjaan di Amerika Serikat. Referensi harus dicantumkan secara terpisah dan diberikan kepada pengusaha berdasarkan permintaan.

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa persyaratan untuk CV internasional berbeda, dan tergantung pada negara tempat Anda melamar. Di negara lain, informasi pribadi seperti tanggal lahir, kebangsaan, status perkawinan, jumlah anak yang Anda miliki, dan foto mungkin diperlukan.

Berapa Lama CV Menjadi?

Vitae kurikulum entry-level yang baik idealnya harus mencakup dua hingga tiga halaman (CV untuk profesional tingkat menengah, terutama dalam peran akademis dan penelitian medis, dapat berjalan lebih lama). Bertujuan untuk memastikan kontennya jelas, terstruktur, ringkas, dan relevan. Menggunakan poin-poin bukan kalimat lengkap dapat membantu meminimalkan penggunaan kata.

Contoh Riwayat Hidup

Berikut ini adalah contoh riwayat hidup untuk kandidat entry-level untuk posisi fakultas di AS. CV ini mencakup riwayat pekerjaan, pendidikan, kompetensi, penghargaan, keterampilan, dan minat pribadi. Unduh templat CV (kompatibel dengan Google Documents dan Word Online) atau lihat di bawah untuk contoh CV lainnya.

Kiat Menulis Curriculum Vitae

Miliki Beberapa Versi CV Anda

Jangan hanya menulis satu CV dan menggunakannya untuk setiap posisi yang Anda lamar.

Tetap Singkat

Jika memungkinkan, usahakan agar CV Anda singkat dan singkat. Masukkan ringkasan pekerjaan dan pendidikan Anda, daripada banyak detail. Gunakan bahasa formal (tanpa slang atau singkatan), menulis dengan sederhana dan jelas.

Katakan yang sebenarnya

Mungkin tergoda untuk memoles CV secara berlebihan dan membuat kualifikasi pendidikan atau riwayat kerja kita terdengar sedikit lebih baik daripada mereka. Jika Anda tergoda untuk merentangkan kebenaran tentang riwayat pekerjaan Anda – jangan. Itu akan kembali menghantui Anda.

Sebagian besar pemberi kerja melakukan pemeriksaan referensi dan latar belakang, dan jika riwayat hidup Anda tidak sesuai dengan riwayat kerja atau pendidikan Anda yang sebenarnya, Anda kemungkinan besar akan terjebak pada suatu titik – baik Anda akan dipecat sebagai kandidat atau Anda akan dipecat jika Anda memiliki sudah dipekerjakan.

Periksa Format

Lihatlah format riwayat hidup Anda. Apakah ada banyak ruang putih? Apakah ini berantakan? Apakah pemformatan Anda konsisten (tebal, miring, spasi, dll.) Dan apakah keseluruhan gambar yang diberikan CV Anda profesional dan dipoles?

Bukti Riwayat Hidup Anda

Periksa kembali daftar riwayat hidup Anda untuk kesalahan pengetikan dan kesalahan tata bahasa. Kemudian, mintalah orang lain untuk meninjaunya untuk Anda – seringkali sulit untuk menangkap kesalahan kami.

Kapan Menggunakan Curriculum Vitae Alih-alih Resume

Di Amerika Serikat, curriculum vitae digunakan ketika melamar posisi akademik, pendidikan, ilmiah, atau penelitian. Daftar riwayat hidup juga dapat digunakan untuk melamar beasiswa atau hibah. Di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, pengusaha mungkin berharap menerima curriculum vitae daripada resume.

Pilih Format Riwayat Hidup yang Tepat

Pastikan Anda memilih format curriculum vitae yang sesuai untuk posisi yang Anda lamar. Jika Anda melamar beasiswa, misalnya, Anda tidak perlu memasukkan informasi pribadi yang mungkin dimasukkan dalam CV internasional.

Cara Menulis Curriculum Vitae (CV) untuk Pekerjaan

Apakah Anda sedang mengerjakan curriculum vitae? Tidak yakin bagaimana cara menulisnya, atau informasi apa yang harus dimasukkan?

Jika Anda berada di jalur akademis, penelitian ilmiah, atau karier medis di Amerika Serikat, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk memberikan riwayat hidup daripada resume yang khas. Dalam bahasa Latin, frasa “curriculum vitae” berarti “jalan hidup.” Yang cukup sesuai jika, sebagai calon pemula, Anda merasa seperti Anda telah menghabiskan seluruh hidup Anda di sekolah pascasarjana atau sekolah kedokteran!

Dalam bahasa Inggris modern, konsep di balik curriculum vitae mungkin lebih baik diterjemahkan sebagai “program pendidikan profesional dan karier seseorang.” pelatihan dan pengalaman karir selanjutnya). Ini berbeda dari resume standar, yang lebih fokus pada kompetensi.

Berikut adalah informasi tentang mengapa, kapan, dan bagaimana menggunakan CV, kapan harus menggunakan resume vs riwayat hidup, pedoman penulisan dan pemformatan CV, perbedaan antara CV di AS dan internasional, dan contoh-contohnya.

Kapan Menggunakan Daftar Riwayat Hidup

Kapan pencari kerja harus menggunakan riwayat hidup, yang biasa disebut sebagai “CV,” daripada resume? Di Amerika Serikat, curriculum vitae digunakan terutama ketika melamar posisi akademik, pendidikan, ilmiah, medis, atau penelitian. Ini juga berlaku ketika melamar beasiswa atau hibah. Berikut ini informasi lebih lanjut tentang kapan harus menggunakan curriculum vitae daripada resume.

Saat mencari pekerjaan di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, berharap untuk menyerahkan CV daripada resume.

Perlu diingat bahwa majikan di luar negeri sering berharap untuk membaca jenis informasi pribadi pada riwayat hidup yang tidak akan pernah dimasukkan dalam resume Amerika, seperti tanggal lahir, kebangsaan, status pernikahan, dan tempat lahir.

Undang-undang Amerika Serikat yang mengatur informasi yang dapat diminta oleh pelamar pekerjaan tidak berlaku di luar negara.

Apa yang termasuk dalam CV

Ada beberapa perbedaan antara daftar riwayat hidup dan daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup lebih panjang (dua halaman atau lebih), sinopsis yang lebih rinci dari latar belakang dan keterampilan Anda. Seperti halnya resume, Anda mungkin memerlukan berbagai versi CV untuk berbagai jenis posisi.

Seperti resume, riwayat hidup harus menyertakan nama Anda, informasi kontak, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman. Selain dasar-dasar ini, CV juga mencakup pengalaman penelitian dan pengajaran, publikasi, presentasi, hibah dan beasiswa, asosiasi dan lisensi profesional, penghargaan dan penghargaan, dan informasi lain yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Mulailah dengan membuat daftar semua informasi latar belakang Anda, kemudian mengaturnya ke dalam kategori. Pastikan Anda memasukkan tanggal pada semua publikasi yang Anda daftarkan.

  • Informasi Pribadi untuk Dimasukkan ke dalam CV Internasional
  • Kebangsaan
  • Status pernikahan
  • Usia
  • Jumlah anak (usia opsional)
  • Minat pribadi seperti hobi
  • Semua pendidikan termasuk sekolah menengah / menengah
  • Foto juga disarankan (headshot profesional terbaik)

Tanggal Lahir pada CV

Beberapa negara di luar Amerika Serikat mengharapkan Anda untuk memasukkan tanggal lahir Anda pada CV Anda. Jika Anda melamar pekerjaan asing, teliti protokol negara tertentu untuk aplikasi pekerjaan.

Kustomisasi Riwayat Hidup Anda

Setelah Anda membuat daftar informasi yang ingin Anda sertakan, sebaiknya buat riwayat hidup kurikulum khusus yang secara khusus menyoroti pengalaman yang Anda miliki yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menulis CV khusus, tetapi itu sepadan dengan usaha – terutama ketika Anda melamar pekerjaan yang cocok dengan keterampilan dan pengalaman Anda.

  • Gunakan peluru berorientasi pencapaian yang dimulai dengan kata kerja tindakan dan sertakan hasilnya.
  • Mulailah dengan Profil Profesional (juga disebut Ringkasan) yang menyoroti yang terbaik dari apa yang Anda sebagai kandidat tawarkan.
  • Edit konten untuk memasukkan bidang keahlian, keterampilan, dan pengetahuan yang secara khusus sesuai dengan persyaratan pekerjaan; tidak semua detail pendidikan dan riwayat pekerjaan Anda (pekerjaan, penelitian, beasiswa, dll.) mungkin relevan.
  • Dengan hati-hati rangking dan atur bagian-bagian dari resume Anda sesuai dengan apa yang dicari oleh lembaga yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda mendaftar ke universitas tempat penelitian ditekankan, Anda harus memulai daftar publikasi Anda di halaman pertama, tepat setelah profil profesional awal Anda. Jika, di sisi lain, Anda tahu bahwa pengajaran dinilai lebih dari publikasi oleh departemen, Anda ingin memberikan kebanggaan sejarah karir profesional Anda pada halaman pertama.

 

contoh cv bahasa inggris

 

Tinjau Lebih Banyak Contoh CV dan Tips Menulis & contoh cv bahasa inggris

Contoh-contoh CV ini membentuk panduan bermanfaat tentang apa yang akan dimasukkan ke dalam CV Anda, kiat untuk menuliskannya, dan cara memformat saya

 

Gloria Gonzalez
3204 Windover Way
Houston, TX 77204
ggonzalez@email.com
000.123.4567 (Cell)

RESEARCH INTERESTS

Hispanic Literature, Latin American Literature, Peninsular Literature

EDUCATION

Ph.D. in Spanish (US Hispanic Literature), 2016 – University of Houston.
Dissertation: Quixote Reborn: The Wanderer in US Hispanic Literature. Sancho Rodriguez, Chair

M.A. in Spanish, June 2013 – University of Houston

B.A. in Spanish, June 2011 – University of Houston

APPOINTMENTS

Adjunct Lecturer: University of Houston, Department of Hispanic Studies, September 2016 to Present.

PUBLICATIONS

Book

Gonzalez, Gloria. Quixote Reborn: The Wanderer in US Hispanic Literature. New Haven: Yale University Press (forthcoming)

Peer-reviewed Journals

Gonzalez, Gloria. “Mexican Immigrant Stories from the Central Valley,” Lady Liberty Journal, 6(1): 24-41.

Gonzalez, Gloria. “Comparing the Hispanic and European Immigrant Experience through Story,” Hispanic Literature Today 12(3): 25-35.

Gonzalez, Gloria. “Yearning to Be Free: 3 Hispanic Women’s Diaries,” Hispanic Literature Today: 11(2): 18-31.

CONFERENCE PRESENTATIONS

  1. Gonzalez, Gloria. “Storytelling Methods in the Central Valley.” Hispanic Storytelling Association Annual Conference, San Francisco, CA
  2. Gonzalez, Gloria. “When Cultures Merge: Themes of Exclusion in Mexican-American Literature.” US Hispanic Literature Annual Conference, Tucson, AZ.

TEACHING EXPERIENCE

Adjunct Lecturer, University of Houston

  • Mexican-American Literature, Spanish 3331
  • Women in Hispanic Literature, Spanish 3350
  • Spanish-American Short Story, Spanish 4339

Graduate Teaching Assistant, Northwestern University

  • Elementary Spanish 1501, 1502, 1505
  • Intermediate Spanish 2301, 2302, 2610

HONORS / AWARDS

Mexico Study Abroad Summer Grant, 2016
UH Teaching Awards, 2015, 2016, 2018
Dissertation Fellowship, 2015

LANGUAGES

English (native)
Spanish (bilingual oral and written fluency)
Classical Latin (written)

MEMBERSHIPS / AFFILIATIONS

National Association of Latino Arts and Cultures
Asociación Internacional de Literatura y Cultura Femenina Hispánica
Modern Languages Association

 

One thought on “Curriculum Vitae dan Contoh CV – Tips Menulis CV untuk Lamaran Kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: